05/01/12

Stik Keju

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Assalamu'alaikum sahabat WM..
WM ingin berbagi resep nih.. bagi yang suka masak,WM ambil dari justtryandtaste.blogspot.com
tapi WM juga sudah coba bikin sendiri kok.. dan.. ini hasilnya..,rasanya.. mm uenak..
with-muslimah.blogspot.com

Stik Keju Dari Tepung Sagu/Kanji/Tapioka

Untuk menghasilkan kira-kira 400 gram kue keju

Bahan:
- 250 gram tepung sagu/kanji/tapioka
- 2 butir telur
- 100 gram keju Cheddar parut, potong kubus
- 50 gram mentega, suhu ruang
- 1/4 sendok teh garam
- Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

Siapkan blender, masukkan telur, keju parut dan mentega. Proses hingga halus dan lembut.

Siapkan mangkuk, masukkan tepung kanji ke mangkuk. Buat lubang di tengah dan tuangkan keju+telur ke dalamnya. Aduk rata dengan spatula, kemudian uleni dengan jari-jari tangan hingga menjadi adonan yang kalis dan bisa dibentuk.

Siapkan wajan, masukkan minyak dingin cukup banyak di wajan. 

Ambil sejumput adonan, jangan terlalu besar agar kue kering dan renyah. Letakkan di telapak tangan kemudian gelintirkan adonan dengan cara menggosokan kedua telapak tangan hingga adonan berbentuk silinder panjang dengan ujung-ujung yang runcing (seperti cacing). Jatuhkan ke dalam minyak dingin hingga semua bagian terendam minyak.

Ingat, untuk membuat kue keju tepung sagu ini kita memasukkan adonan dalam kondisi minyak dingin. Minyak yang panas akan membuat kue berlubang-lubang dan tidak mulus. 


Jika telah cukup banyak adonan yang terendam minyak, hidupkan api kompor dan panaskan minyak dengan api sedang. Biarkan minyak menjadi panas dan adonan kue terlihat mengeras. Walaupun tumpang tindih namun ketika mengeras maka kue akan saling terlepas sendiri. Jangan mengaduk kue dengan sodet ketika kondisinya belum mengeras karena kue akan putus dan meleleh. 

Ketika adonan terlihat mulai keras, caranya dengan menekannya perlahan dengan menggunakan ujung sodet, angkat-angkatlah bagian kue yang terletak di bagian paling pinggir dengan ujung sodet hingga tercerai berai. Bagian tengah biasanya agak lama matangnya jadi lakukan perlahan dan bertahap mulai dari bagian tepi menuju kebagian tengah hingga semua kue keras dan bisa diangkat dengan sodet. 

Balik-balikkan kue selama di goreng dan lepaskan kue yang saling menempel satu sama lain dengan menggunakan sodet. Goreng kue hingga warnanya coklat keemasan, angkat dan tiriskan.  Matikan api kompor agar minyak mendingin sebelum anda melanjutkan menggoreng sisa adonan.

Jika anda ingin pekerjaan menggoreng ini segera selesai maka sebaiknya anda menggunakan 2 buah wajan berisi minyak. Jadi sambil menunggu minyak di wajan pertama mendingin kita bisa menggoreng di wajan kedua. Tentu saja minyak yang harus anda gunakan menjadi lebih banyak. 

Biarkan kue keju benar-benar dingin sebelum anda masukkan ke dalam stoples tertutup rapat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar