13/01/12

Roda Kehidupan,Perjalanan Mencari Jati Diri

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

 Assalamu'alaikum sahabat WM..
       Membahas tentang kehidupan memang tiada habis yaaa...,senang,sedih,bahagia,berduka sampai kecewa.. pasti pernah dialami oleh siapapun.Semua berawal ketika kita baru mulai mengenal dan berfikir tentang apa yang kita jalani,mulai menyadari apa yang ada di hadapan kita,mulai ingin punya peran penting pula dalam hidup yang kita jalani.Pastilah saat itu tak banyak diantara kita yang mampu menjalaninya dengan lancar begitu saja..,tak sedikit diantara kita yang labil,frustasi  dan jadi bingung sendiri dengan apa yang ada di hadapannya. Masa-masa itu berlangsung cukup lama.. seiring bertambahnya pengalaman dan meningkatnya umur seseorang.Hingga ia bisa mengerti,memahami akan dirinya.. kekurangannya,kelebihannya dan mengerti akan kehidupan yang ada dihadapannya .Tapi Itulah yang dinamakan dengan masa mencari dan menemukan jati diri .

      Apa itu JATI DIRI..???

didikwibowo.blogspot.com
Jati diri merupakan dimana kita bisa menemukan dan mengerti sisi baik dan sisi buruk agar kita bisa menutupi kekurangan kita menjadi suatu kelebihan,dimana kita bisa berpikir akan menjalani sesuatu pekerjaan dengan lancar dan tidak merasa bimbang dengan cara yang sesuai dengan diri kita,sesuai dengan tuntunan agama,tanpa merasa tertekan dan menjadi orang lain karenanya.
 Jati diri juga merupakan identitas diri, citra diri atau inti dari diri seseorang yang akan menentukan cara padang dirinya dalam melihat sesuatu dan menetukan tata nilai dalam kehidupannya yang mengatur segala tindakannya.

Memahami jati diri memang membutuhkan waktu dan banyak pengalaman agar kita bisa memahami akan diri kita sendiri dan memahami sikap dan keputusan yang kita ambil dalam menghadapi sesuatu serta mengetahui langkah-langkah untuk memulai jalan untuk maju dengan keputusan yang kita ambil .Proses pencarian jati diri itu umumnya terlihat jelas pada anak usia remaja hingga mulai menapaki masa-masa dewasanya.Dimana pada saat itu mereka belum memiliki sikap tetap dalam menghadapi setiap persoalan dalam hidup mereka.Mereka belum memiliki pendirian yang tetap dalam menentukan langkah hidupnya.Mereka cenderung labil dalam setiap kedaan.Dan punya kecendrungan mengikuti ego dalam diri tanpa banyak pertimbangan.  

 Dalam perjalanannya mencari jati diri dan menumbuhkan kedewasaan diri itu.. tak ayal seseorang akan dihadapkan dengan berbagai persoalan kehidupan. Kehidupan tak lain seperti roda.. roda yang terus berputar. jika kita tidak mengendalikannya dalam perjalanannya  dan tak tau tujuan.. maka ia akan berputar tanpa arah,hingga kita tersesat ke tempat-tempat yang tidak kita duga sebelumnya.Jika kita telah memiliki tujuan dalam hidup,kita pun harus tau bahwa dalam perjalanan.. tak selamanya jalanan itu mulus beraspal bagus.. ,ada yang berbatu,ada yang berkerikil,ada yang dekat jurang,ada yang berlumpur,ada yang berlobang hingga tak jarang jika tak hati-hati maka kita terperosok ke dalamnya..,yaaah.. maklumlah... uang yang harusnya di jadikan buat pembangunan dan perbaikan jalan udah pada di korup sama pemerintah setempat.. jd sikon jalan tak semuanya mulus dan beraspal.. .. (g'nyambung banget ya.. he.. ) ,seperti itulah kehidupan, seperti roda berputar. Lalu dimanakah posisi kita pada roda itu..?,kita berdiri pada satu sisi roda.. sadarilah bahwa sisi tempat kita bersemayam itu akan naik dan turun seiring dengan berputarnya roda kehidupan .. ketika awal mulai perjalanan.. mungkin jalan yang dilalui masih mulus.. rintangan ketika roda mencapai dasar jalan.. belum seberapa panas menempa kita dan belum banyak batu-batu.. ,tapi semakin lama.. jalanan yang akan kita lalui semakin terjal dan berbatu.., rintangan semakin berat..

semua itu lah yang harus kita sadari sahabat muslimah..,perjalanan kita panjang dan jalanannya akan semakin sulit rintangannya,dan kita pun ada kalanya di atas.. ada pula kalanya kita berada di bawah selama perjalanan kita.
Tapi.. sebagai penyemangat.. INGATLAH : 
"Ketika kita sedang berada di atas.. jangan sombong,jangan lupa diri dan tetap bersyukur,persiapkanlah hati dan diri kita karena tidak ada jalan ketika kita telah sampai di atas.. selain hanya jalan turun menuju kebawah..,bersiaplah untuk turun dan kuatkan iman. Namun ketika kita telah berada di bawah..  maka bersabarlah dan berbahagialah.. karena tidak ada jalan jika kita telah berada di bawah selain hanya jalan menuju ke atas..,bersiaplah untuk menyambut kebahagiaan itu.. ia pasti datang karena roda kehidupan kita akan terus berjalan dan akan terhenti setelah waktu perjalanan kita habis dan kita menuju pada perjalanan abadi yang berikutnya."


Jalani dan hadapi apa yang ada di hadapan kita,berfikir dan terus belajar.Fahami dirimu.. fahami sekitarmu,tak perlu jauh-jauh mencari pengalaman,cukup pelajari lingkungan sekitarmu dan semua yang ada disekelilingmu. dengan begitu kamu akan lebih mudah menemukan jati dirimu.. dan menentukan ingin jadi apa dirimu. karena "Kamu adalah apa yang kamu fikirkan" . Berfikirlah positif.. dan belajar mengambil hikmah dari apa saja yang kamu hadapi.  ^_^

Wassalam... semoga bermanfaat..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar