26/12/11

Tips Memasak Sayur yang Benar

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Assalamu'alaikum sahabat WM..
hayooo.. siapa yang belum ngerti gimana caranya masak sayur yang benar,,??? He.. ketahuan niiich..,beruntung sekali kali ini WM akan bahas tentang Tips memasak sayur yang benar. Ini dia tips nya..


Sahabat WM pasti sudah tau kalau sayuran adalah salah satu menu penting untuk mencukupi kebutuhan gizi dan vitamin kita sehari-hari. Serat, mineral dan zat lain dalam sayuran sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Namun, tahu g ' bahwa semua kandungan bermanfaat tersebut bisa rusak, berkurang atau bahkan hilang lho jika kita tidak mengolah sayur dengan tepat..,eeeits Tapi jangan khawatir. Ada beberapa kiat khusus untuk mengolah sayuran sahabat WM agar tetap sehat dan lezat tentunya!
  •  Jika sayuran yang akan diolah memiliki kulit, sebaiknya lakukan pengelupasan seminimal mungkin agar tidak terlalu banyak menghilangkan zat gizi yang justru terdapat di dekat kulit tesebut.
  •  Cuci sayuran sebelum dipotong-potong agar tidak melarutkan zat gizinya.
  •  Sebaiknya potong sayuran dengan ukuran agak besar karena semakin kecil potongan sayuran, semakin banyak pula vitamin dan mineral yang dapat larut.
  •  Metode pengolahan sayuran yang paling dianjurkan adalah dengan dikukus. Namun jika harus ditumis, pastikan minyak yang digunakan tidak terlalu banyak dan dimasak terlalu lama. Minyak yang panas dapat menguapkan gizi pada sayuran yang Anda olah.
  •  Saat merebus sayuran, masukkan sayuran saat air sudah mendidih (Biarkan air mendidih selama kurang lebih dua menit hingga oksigen berkurang. Oksigen dalam airlah yang menyebabkan , vitamin C dalam sayur menguap).dan jangan masak terlalu lama. Semakin lama sayur dipanaskan, nutrisi di dalamnya akan terbuang.
  •  Sebaiknya jangan lakukan pemanasan berulang kali pada sayuran yang sudah dimasak. Hal ini dapat berakibat pada hilangnya enzim-enzim sayuran yang seharusnya dapat bermanfaat bagi pencernaan Anda.
  • Masak sayuran hijau dengan panci stainless sehingga keasamannya tidak bereaksi dengan logam
  • Simpan dan dinginkan sayuran hijau tanpa dicuci sampai akan digunakan. Kondisi basah pada sayuran akan membuat sayuran cepat busuk
  • Untuk mencuci sayuran, isi baskom/bak dengan air hangat karena tanah yang menempel di sayuran akan mudah lepas bila dicuci di air hangat.
  • Bisa juga mencuci sayuran di air mengalir untuk menghindari sayur menjadi layu
selamat mencoba tipsnya.. semoga bermanfaat..
Wassalam..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar